MERAWAT JAS PRIA

Tips Mencuci Jas dan Cara Menyetrika Jas

Cara menyetrika jas

Jas biasanya merupakan pakaian paling mahal di antara koleksi busana pria. Sudah mahal, perawatannya perlu ekstracermat pula agar berumur panjang. Oleh karena itu, Ibu perlu memperhatikan cara merawatan jas yang benar. Cara membersihkan jas tidak hanya melalui proses dry clean, di pasaran kini juga tersedia jas yang bisa dicuci dengan mesin cuci. Temukan keterangan mengenai hal ini atau tulisan “machine washable” pada label di bagian dalam jas. Artikel ini hanya membahas tentang cara mencuci jas dan cara menyetrika jas yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Jika jas yang ingin Ibu bersihkan tidak memiliki keterangan tersebut, serahkan kepada jasa penatu profesional. Selain itu, di sini Ibu juga akan mengetahui tips mengemas jas untuk dibawa bepergian.

Cara Mencuci Jas yang Benar

Berikut ini langkah-langkah cara cuci jas secara aman di rumah:
  1. Cek label di bagian dalam jas untuk memastikan jas yang ingin Ibu bersihkan benar-benar bisa dicuci dengan mesin cuci. Jika ada keterangan tersebut, kemudian periksa suhu air, siklus cuci, dan cara pengeringan yang dianjurkan.
  2. Atasi bagian yang kotor atau ternoda sebelum memasukkan jas ke dalam mesin cuci. Oleskan Rinso Molto Ultra Cair di bagian yang kotor, lalu gunakan sikat gigi bekas yang sudah dibasahi untuk menyikat perlahan bagian tersebut. Diamkan beberapa saat, lalu masukkan ke mesin cuci.
  3. Cuci setelan jas terpisah dari cucian lain agar tidak terlalu kusut seusai siklus cuci.
  4. Pilih deterjen cair lembut dan berkualitas. Gunakan takaran sesuai anjuran pada kemasan deterjen.
  5. Pilih siklus cuci delicate atau handwash dan suhu air sesuai rekomendasi pada label perawatan jas. Kedua siklus tersebut cukup singkat sehingga sesuai untuk jas yang biasanya tidak sampai dipakai berkotor-kotoran.
  6. Jemur jaket dan celana setelan jas tergantung di hanger terpisah dalam posisi terbalik, sisi dalam berada di luar. Setelah 75% kering, balik sisi jaket dan celana tetap tergantung di hanger untuk mengembalikannya ke bentuk asli, pindahkan ke lokasi yang agak teduh. Biarkan hingga kering sempurna.

Tips Penguapan dan Cara Setrika Jas

Ada dua cara untuk menghaluskan permukaan jas, yaitu penguapan dan setrika biasa. Ibu bisa memakai mesin uap bertangkai khusus sesuai petunjuk pemakaiannya. Atau, cukup menggunakan setrika uap, begini caranya:
  1. Isi setrika uap dengan air secukupnya, tidak melebihi tanda batas maksimum.
  2. Setelah mulai beruap, semprotkan uap ke arah jas yang digantung di hanger tanpa menyentuhkan setrika ke kain jas. Lakukan pada semua bagian jas.
  3. Biarkan hingga kelembapan akibat uap pada kain hilang dan jas kering kembali.
Untuk menyetrika jas, selalu gunakan selembar kain bersih semisal sarung bantal atau serbet untuk melapisi jas agar tidak terjadi kontak langsung antara setrika dan bahan jas. Silakan ikuti panduan berikut ini:
  1. Nyalakan setrika sesuai suhu yang dianjurkan label pada jas.
  2. Coba di bagian kecil yang tersembunyi terlebih dulu. Turunkan suhu jika setrika meninggalkan bekas.
  3. Untuk menyetrika bagian lengan, masukkan gulungan handuk ke lengan sebelum menyetrika bagian luarnya. Hal ini untuk menghindari terbentuknya lipatan tajam. Tetap gunakan kain pelapis antara setrika dan permukaan jas.
  4. Gantung jas yang sudah disetrika di hanger khusus untuk jas yang biasanya lebih kokoh dan lebar di bagian bahu.

Cara Melipat Jas untuk Dibawa Bepergian

Jas baru pada umumnya disertai sarung jas (suit carrier) untuk membungkus jas ketika dibawa bepergian. Di dalamnya terdapat hanger. Gantung jaket dan celana setelan jas di hanger tersebut, kemudian masukkan ke sarung jas. Tutup ritsletingnya dan tekuk menjadi dua, tepat di bagian tengah vertikal. Pasang kaitannya pada penggantung hanger. Jas pun siap ditenteng bepergian tanpa khawatir menjadi kusut.

Materi ini diambil www.rinso.co.id
Materi Merawat dari admin jasjahit akan segera menyusul .....

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak